Billboard adalah media periklanan berukuran besar yang terpasang di sisi kiri atau kanan, atau tengah jalan raya. Billboard merupakan salah satu media yang digunakan untuk membujuk konsumen sebagai target pasarnya, baik mereka yang sedang berada di dalam perjalanan, dalam ruang tunggu, dan juga di beberapa tempat umum lainnya.
Billboard mulai masuk di Indonesia sekitar tahun 2006. Media iklan ini diadopsi dari negera Amerika yang telah menggunakannya sejak tahun 90-an. Kini, berbagai ukuran billboard besar terlihat di sepanjang tepi jalan hingga ke dalam kota hingga billboard berbentuk kecil yang ditempelkan pada
fasade bangunan.
Rancangan dan pesan yang ada di billboard dibuat semarak mungkin agar banyak orang yang tertarik pada produk barang/jasa yang ditawarkan. Lalu, ukuran billboard berapa saja yang bisa kamu pilih untuk menampilkan iklan kamu? Dan bagaimana tips memilih billboard yang baik? Yuk, simak penjelasan lengkapnya mengenai media luar ruang yang satu ini pada artikel di bawah.
Cara Menghitung Pajak Reklame
Tujuan Penggunaan Billboard
Adapun penggunaan billboard sebagai media luar ruang untuk beriklan memilki tujuan, yaitu:
- Iklan informatif, yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk memberikan informasi secara rinci tentang suatu produk.
- Iklan persuasif, yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk mempengaruhi dan membujuk konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan, dan membujuk konsumen untuk mau mencoba/mensimulasikan penggunaan produk.
- Iklan pengingat, yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk mengingatkan konsumen tentang produk yang sudah mempunyai branding yang kuat bahwa produk tersebut mungkin akan dibutuhkan kemudian, mengingatkan konsumen mengenai cara membelinya, dan mempertahankan product knowledge.
- Iklan penambah nilai (value added), yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk menambah nilai merek pada persepsi konsumen dengan melakukan inovasi, perbaikan kualitas, dan penguatan persepsi konsumen.
- Iklan bantuan aktivitas lain, yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk membantu memfasilitasi aktivitas atau event kegiatan lain. Misalnya, iklan CSR atau sponsorship pada event-event tertentu yang diadakan oleh pihak lain.
Keunggulan Penggunaan Billboard Elektronik
Jenis dan Ukuran Besi Siku
3. Tiang Konstruksi Ukuran tiang pada bidang billboard berbeda-beda tergantung dengan arus kecepatan angin di lokasi penempatannya. Namun, secara umum tiang konstruksi billboard memiliki diameter 16". Dengan pilihan tiang single, double, dan triple pole.
4. Pondasi Pondasi untuk pemasangan billboard sebaiknya menggunakan pondasi besi beton bertulang. Caranya beton ditanamkan ke dalam tanah sedalam 1-3meter yang disesuaikan dengan besar ukuran billboardnya. Kepadatan dan kualitas beton harus diperhatikan baik-baik, termasuk pemilihan agregat campuran betonnya, sehingga pondasi tersebut mampu menopang ukuran papan billboard. 5. Lampu Pencahayaan Dilihat dari segi penerangannya, terdapat beberapa pilihan lampu yang disesuaikan dengan ukuran billboard. Sistem pencahayaan billboard ini dibagi ke dalam dua jenis, yaitu: - Billboard tipe frontlite, yaitu pencahayaan dari depan visual pesan iklan dengan menggunakan beberapa lampu merek SLAST 400 watt per lampunya.
- Billboard tipe backlite, yaitu pencahayaan dari belakang visual pesan iklan dengan menggunakan beberapa lampu sorot backlite 150 watt per lampu.
Baca juga: Pengertian Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Konstruksi Tata LetaknyaGambaran Konstruksi dan Ukuran Billboard Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa billboard memiliki dua tipe bentuk, yaitu horizontal dan vertical dengan berbagai ukurannya. Berikut di bawah ini contoh ilustrasi gambar kerja konstruksi ukuran billboard:
1. Gambar kerja kontruksi billboard dengan ukuran 5m x 10m x 2 sisi, vertical jenis jalan dan kecepatan kendaraannya karena billboard pada umumnya dipasang untuk menjangkau orang-orang yang berada di atas kendaraan. Termasuk, apakah yang melewati jalan tersebut adalah kendaraan pribadi atau lebih banyak kendaraan umum, apakah lebih banyak kendaraan roda empat atau roda dua, atau bahkan ada banyak pejalan kaki di sekitar lokasi tersebut. Pada jalur bebas hambatan atau jalan tol, billboard harus didesain sedemikian rupa sehingga para pengguna jalan yang dari jauh sudah dapat membaca pesan dari iklan yang disampaikan. Pada jalur-jalur seperti ini iklan billboard harus sudah selesai dibaca dalam tempo kurang dari 7 detik. 3. Penempatannya Kamu juga harus memilih lokasi penempatan iklan billboard, apakah di kanan atau di kiri jalan, dengan sudut pandang melintang atau sejajar dengan arus lalu lintas. Tipsnya adalah untuk jalan satu arah sebaiknya billboard dipasang dengan sudut pandang melintang sehingga mudah dilihat oleh para pengguna jalan. Sementara itu untuk jalan yang menyediakan dua arah, maka billboard sebaiknya dipasang sejajar dengan arus lalu lintas.
Billboard adalah salah satu media iklan luar ruang tertua yang telah digunakan sejak lama. Nah, pihak advertiser (pengiklan) harus pintar-pintar dalam menyesuaikannya dengan segmentasi pasar, agar produk yang ditawarkan tidak salah sasaran dan iklan tersebut tepat guna.
Iklan yang tepat bukanlah yang meraih seluruh khalayak, melainkan bertujuan untuk merangkul secara maksimal konsumen yang sesuai dengan segmentasi produk tersebut. Percuma kan bisa menjangkau banyak orang, namun hanya sedikit dari orang-orang tersebut yang merupakan target pasarnya. Tentu, yang diharapkan oleh advertiser adalah orang-orang yang melihat iklan tersebut adalah golongan yang masuk dalam segmentasi produknya.
Lokasi:
|
|
Posting Komentar untuk "Spesifikasi Iklan Billboard dan Ukurannya, Ini Tips Memilih Lokasi untuk Billboard!"